Our Blog

Pilihan Cover Raport K13 Dengan Kualitas Terbaik Solo

No comments

Susunan Bahan Cover Raport K13 

Raport k13 tentunya memiliki perbedaan dengan kurikulum yang sebelumnya. Dalam pemilihan cover raport pun harus benar-benar dipilih dengan kualitas bagus. Hal ini karena banyak yang menawarkan cover raport dari berbagai jenis bahan. Jadi, jika berasal dari bahan yang tidak berkualitas maka bisa membuat terjadinya kerusakan pada berkas raport tersebut. Maka, pilihan itu ditentukan dari bahan apa cover tersebut dibuat. Berikut beberapa bahan yang sering dipakai dalam pembuatan cover raport k13 :

 

  • Bahan TPK atau ASE

 

Bahan ini merupakan bahan baku yang paling utama dalam proses membuat sampul raport, sampul ijazah dan sampul sertifikat. Bahan TPK ini merupakan bahan yang menyerupai dengan kulit sintetis. Menariknya, bahan ini menyediakan berbagai macam warna sehingga buat Anda yang akan membuat sampul raport bebas memilih warna yang diinginkan. Mungkin bisa saja disesuaikan dengan tingkatan sekolah misalnya jika sekolah dasar sampul raportnya biasanya berwarna merah dan untuk sekolah menengah sampulnya berwarna biru.

 

  • Bahan Karton

 

Bahan yang kedua dalam pembuatan sampul baik itu sampul raport, sertifikat atau ijazah yaitu bahan karton. Bahan karton ini merupakan bahan yang digunakan sebagai pelapis di bagian dalam sampul tersebut. Bahan karton ini sengaja dibuat sebagai pelapis karena untuk membuat sampul raport, sampul ijazah atau sampul sertifikat terlihat lebih kaku dan tidak akan mudah rusak atau robek.

 

  • Bahan Plastik Mika Doff

 

Selanjutnya yaitu bahan terakhir yang dibuat untuk sampul raport. Bahan plastik mika doff ini dipakai untuk menyimpan lembaran- lembaran nilai raport, maka bahan ini dijamin lebih kuat, tidak mudah rusak atau robek. Sehingga resiko akan rusaknya dokumen raport akan rendah.

Jadi, dalam pemilihan cover rapor dengan kualitas bagus yaitu dengan bahan TPK atau ASE, Karton juga plastik mika doff. Karena ketiga bahan ini merupakan rangkaian bahan yang digunakan sesuai standar kurikulum 2013. 

Selain, bahan cover raport yang berkualitas baik juga bisa ditentukan melalui hal – hal berikut ini.

 

  • Metode  hot printing embos

 

Cover raport dengan kualitas bagus juga bisa dilihat dari penggunaan metode printing tulisan covernya. Metode hot printing embos ini merupakan kualitas yang terbaik. Karena  mampu membuat tulisan pada cover raport terlihat timbul. Selain itu juga dalam segi logonya , metode ini bisa mencetak logo yang berwarna  mirip dengan aslinya. Artinya sesuai dengan logo asli yang dipunyai oleh lembaga. Atau bahkan juga bisa di cetak memakai tinta berwarna emas atau perak serta logo juga tampak terlihat timbul. 

Embos juga termasuk jenis cover raport yang sering digunakan. Karena pada cover raport akan diberikan siku kuningan dan juga busa. Sehingga akan mencegah kerusakan pada badan cover raport.

 

  • Metode sablon

 

Biasanya metode ini sering dikenal dengan metode hard cover salon. Untuk penulisan pada bagian cover raport ini memakai metode sablon. Artinya, tulisan pada bagain depan cover tidak timbul juga logo yang dihasilkan tidak bisa sama dengan warna aslinya. Hanya bisa di cetak dengan memberikan tinta berwarna emas atau perak saja.  Tapi tenang saja, karena metode ini juga memberikan siku kuningan  pada setiap sudut cover hanya saja tidak dilengkapi dengan busa.

Perbedaan raport kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya 

Karena kurikulum 2013 itu merupakan kurikulum yang baru, sehingga dalam aspek penilaian raport pun berbeda dengan raport KTSP. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut.

 

  • Penilaiannya berbentuk deskripsi

 

Jika dalam kurikulum sebelumnya, nilainya berupa angka atau kuantitatif, maka di kurikulum 2013 ini tentu berbeda yaitu berbentuk deskripsi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam pembacaan bakat dari peserta didik. Sehingga informasi yang disajikan di dalam raport k13 ini akan mudah dipahami oleh orang tua siswa.

 

  • Raport k13 tidak ada penilaian peringkat

 

Jika pada kurikulum sebelumnya, di dalam raport terdapat penulisan rangking maka di k13 ini tidak diperbolehkan. Hal ini bertujuan untuk memunculkan rasa kompetisi siswa terhadap apa yang telah di capainya. 

 

  • Hilangnya komponen mata pelajaran

 

Di kurikulum 2013 berupaya menghilangan mata pelajaran menjadi muatan pelajaran. Jika pada raport KTSP tertulis masing – masing mata pelajaran, maka di k13 tidak berlaku lagi. Artinya di k13 ini guru akan menuliskan penilaian di kotak deskripsi yang memperhatikan muatan pelajaran, bukan mata pelajaran.

 

  • Aspek yang dinilai meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan

 

Dalam tampilan raport kurikulum 2013 ini sangatlah rinci dan lengkap. Jika di kurikulum sebelumnya hanya menekankan pada aspek pengetahuan, maka di kurikulum 2103 ini menekankan penilaian di aspek sikap (spiritual & sosial), pengetahuan, dan keterampilan.

 

  • Pramuka menjadi ekstrakurikuler yang diwajibkan

 

Di dalam kurikulum 2013 ini ekstrakurikuler pramuka menjadi wajib, lain dengan kurikulum KTSP. Akan tetapi pramuka yang diwajibkan ini yaitu yang menjabarkan kurikulum, bukan organisasi.

 

Luluk Pesan MapPilihan Cover Raport K13 Dengan Kualitas Terbaik Solo

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *